Bagaimana Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Pada saat ini diperkotaan dihadapkan dengan masalah polusi udara yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Nah untuk mengatasi polusi udara minimal mengurangi debu dan kotoran bisa disiasati dengan cara menanam tanaman hias di sekeliling rumah. 

Apa fungsi tanaman hias dalam kehidupan sehari-hari? Selain dapat untuk menangkal polusi udara tanaman hias juga dapat digunakan untuk menambah keindahan rumah. Lingkungan sekitar rumah terlihat asri, hijau dan segar serta sejuk. Dengan beberapa tanaman hias di teras rumah maka rumah juga terkesan alami dan nyaman untuk bersantai. 

Bagaimana Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Selain untuk hiasan rumah tanaman hias juga banyak diminati para pemilik hotel untuk menciptakan nuansa sejuk di lingkungan hotel. Di restoran pun juga banyak terpasang tanaman hias yang beraneka ragam. Dengan menggunakan pot kecil yang indah menambah indah pula suasana yang tercipta. 

Ruang terbuka hijau kini sudah menjadi trend dan banyak disukai oleh masyarakat. Banyak sekali dikota ataupun kabupaten saat ini bermunculan taman terbuka hijau yang nyaman dan indah dipenuhi tanaman-tanaman hias beraneka ragam. Bunga yang berwarna-warni makin membuat pemandangan kota makin indah. 


Nah dikarenakan itulah memulai bisnis budidaya tanaman hias sangat cocok bagi kamu yang hobi bercocok tanam. Peluang besar dapat kamu manfaatkan untuk meraup keuntungan dalam berbisnis tanaman hias ini. Akan tetapi sebelum kamu memulai akan lebih baik kamu mengetahui beberapa hal berikut. 

Apa sih yang dimaksud tanaman hias??? 

Tanaman hias merupakan tanaman holtikultura yang berguna untuk memperindah pemandangan di lingkungan sekitar kita. Baik itu tanaman berupa bunga ataupun di kategorikan sayur- sayuran. Tapi pada umumnya yang disukai banyak orang adalah tanaman yang berbunga dan memiliki bunga berwarna-warni, karena miliki keindahan tersendiri dibanding tanaman lain. 


Oleh karena itulah bunga yang berwarna-warni banyak di sukai untuk mempercantik halaman rumah. Macam-macam tanaman hias antara lain adalah bunga mawar, melati, anggrek, bunga kertas, lily, kamboja, pucuk merah dan masih banyak lagi. 

Tips Budidaya Tanaman Hias

Bagi pemula memulai menjalankan budidaya tanaman hias biasanya akan gagal, kenapa? karena belum memiliki pengalaman dan ilmu menanam tanaman hias yang baik dan benar. Nah agar kalian dapat meminimalisir kegagalan maka perhatikan hal- hal berikut ini. 

Bagaimanakah rencana yang baik dalam budidaya tanaman hias 

1. Memilih Tanaman Yang Banyak Disukai Orang
Banyak sekali jenis tanaman hias, pilihlah tanaman yang banyak disukai atau ditanam orang disekitar tempat kamu. Misal pada saat ini bunga yang lagi trend dan banyak disukai adalah bunga pucuk merah. Bunga ini memiliki warna merah pada pucuknya dan penanamannya pun mudah dan simpel. Perbanyaklah tanaman bunga jenis ini. 

Bagaimana Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Lihatlah ditaman-taman kota untuk dijadikan referensi bunga apa saja yang banyak ditanam disana. Perbanyak macam jenis tanaman hias yang kamu budidayakan agar nantinya pelanggan dapat memilih beraneka pilihan bunga. 

2. Memilih Bibit Yang Bagus Dan Sehat
Untuk memilih bibit bunga yang bagus yang dijadikan patokan adalah indukan dari bibit bunga itu. Apabila induknya bagus kemungkinan kelak tumbuhnya juga akan bagus. Selain itu juga dilihat dari kesegaran bibit, bila saat masih kecil terlihat segar dibanding yang lain berarti bibit tersebut bagus untuk dibudidayakan. 

Bagaimana Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias

3. Mimilih Media Tanam
Media tanam yang baik agak menyuburkan tanaman. Pilihlah yang baru dan fresh agar tidak ada penyakit yang nantinya menghambat pertumbuhan tanaman. Pupuk kompos adalah bahan campuran yang bagus untuk media tanam. Adapun jenis tempat yang digunakan antara lain pot plastik/tanah, botol bekas, kaleng bekas, dan lain-lain. 

4. Perawatan Tanaman
Perawatan tanaman hias dilakukan tiap hari agar tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik. Mulai dari penyiraman tanaman, pemberian pupuk, pemberian obat-obatan pestisida agar terhindar dari hewan yang merugikan, pemangkasan tanaman agar tanaman tumbuh sesuai dengan keinginan. 

5. Pemasaran
Untuk pemasaran dapat dilakukan secara offline maupun online. Semua memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Bila pada saat ini pemasaran yang bagus adalah secara online melalui share ke media sosial atau bisa juga dengan iklan berbayar. Bila ingin iklan yang tanpa membayar baiknya anda membuat website sendiri tapi anda harus ahli dalam mendatangkan trafic/ pengunjung. 

Bagaimana Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Dengan anda memilki stand dipinggir jalan raya yang banyak dilewati banyak orang itu saja sudah dapat mendatangkan pembeli. Diawal-awal mungkin hanya melihat-lihat saja, nanti disaat sudah tertarik maka akan langsung beli. Lebih baiknya lagi bila orang yang pernah membeli ditrmpat kamu mempromosikan kepada teman-temannya itu sangat bagus. 


Itulah beberapa tips membudidayakan tanaman hias yang bisa kamu coba terapkan. Intinya pilih dulu macam-macam tanaman hias, pilih bibit yang bagus dari indukan yang bagus, media dan tempat tanam buatlah subur dan dengan pemasaran yang bagus maka kamu akan sukses berbisnis tanaman hias. 

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel