Join Bisnis Atau Kolaborasi Untuk Memajukan Sebuah Usaha

IDE USAHA - Semua orang pasti ingin mempunyai sebuah bisnis yang maju dan berkembang. Salah satu cara agar keinginan tersebut tercapai adalah dengan cara join bisnis atau disebut juga dengan kolaborasi bisnis. Dimana para pemilik bisnis melakukan kerja sama dan memiliki kewajiban serta tugas sesuai dengan kewenangan masing-masing yang telah disepakati oleh kedua belah pihak diawal penjanjian. 

Join Bisnis Atau Kolaborasi bisnis

Dalam suatu join bisnis bila dijalani dengan baik maka akan mampu meningkatkan keuntungan, akan tetapi juga akan menimbulkan berbagai kekhawatiran seperti misal akan timbul adanya penyelewengan, miss komunikasi, wanprestasi dan beberpa masalah yang lain yang dapat menimbulkan permasalahan baru. 

Maka disini kita akan membahas beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum melakukan join bisnis dengan orang lain. Apa-apa saja yang harus kita perhatikan sebelum memulai langkah bekerja sama mengelola usaha dengan orang lain. 

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM JOIN BISNIS

Hindari Join Modal + Tenaga

Salah satu cara join dalam bebisnis adalah dengan sama-sama menyiapkan modal untuk memulai usaha. Nah untuk join modal seharusnya join full modal saja jangan di barengi dengan tenaga, kalau sekedar ide dan pikirin sih boleh-boleh saja tapi jangan join modal plus dengan tenaga dan pikiran. Modal uang saja mengenai pembagian keuntungan bisa disepakati bersama misal 70/30 bagi pemodal keuntungan 30% pelaku bisnis 70%.

Kenapa? 
Karena bila yang dapat dihitung dengan pasti nominalnya, apabila tenaga dan pikiran tidak dapat diukur nominalnya. Kemungkinan yang akan terjadi adalah saling iri bila pembagian keuntungan sama rata. Karena mungkin yang satu kerja full dengan pikiran yang full yang satunya lagi kerja ogah-ogahan dan terkadang telat atau tidak masuk kerja. Yang satu memberikan kontribusi lebih jadinya iri dengan kenerja rekan kerjasamanya. 

Dan endingnya usaha lama kelamaan akan gulung tikar dan bangkrut. Itulah kenapa hindari join bisnis modal plus dengan tenaganya. Seharusnya dipisahkan saja antara modal uang dengan modal tenaga agar join bisnis dapat berjalan berkesinambungan. 

Lengkapi Perjanjian Dengan Hitam Diatas Putih

Bekerjasama dalam hal bisnis jangan hanya berdasarkan atas dasar saling percaya. Meskipun itu dengan teman dekat ataupun dengan saudara sendiri. Bila hanya menggunakan rasa saling percaya terkadang kita akan dimanfaatkan oleh rekan join kita. Maka dari itu sedari awal kita harus tegas dalam segala hal termasuk lengkap dengan dokumen yang diperlukan. 


Untuk mengurangi kekhawatiran dalam join bisnis maka lengkapilah kerjasama dengan perjanjian hitam diatas putih dan bermaterai. Dengan adanya surat perjanjian hitam diatas putih maka kita akan lebih percaya dan lebih yakin dalam bekerjasama dalam hal berbisnis. 

Hindari Join Bisnis Dengan Saudara Atau Teman Dekat

Dalam bekerjasama dalam hal berbisnis ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Bisa untung dan berjalan lancar bisa juga rugi dan gulung tikar. Nah yang rugi dan gulung tikar ini yang akan kita hindari. Dengan kita bekerja sama setelah itu rugi dan gulung tikar maka saudara akan menjadi renggang sahabat akan menjadi musuh.

Akan lebih baik jika join usaha dilakukan dengan orang lain kelak jika berhasil maka akan menambah teman dan saudara jika pun tidak berhasil tidak apa-apa. Pilihlah rekan kerja yang profesional, bertanggung jawab, ulet, pekerja keras dan dapat dipercaya.

Kesimpulan
Dalam join bisnis memang memiliki banyak resiko akan tetapi juga dapat mengembangkan bisnis yang telah kita jalankan. Untuk meminimalisir kerugian maka terapkan beberapa tips diatas yaitu hindari join modal plus dengan usaha, lengkapi kerjasama dengan perjanjian hitam diatas putih, hindari kerjasama dengan teman dekat atau saudara. Pilih rekan kerja sama yang dapat dipercaya dan pekerja keras, pekerja cerdas dan pekerja iklhas. 

Demikian semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Join Bisnis Atau Kolaborasi Untuk Memajukan Sebuah Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel