Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Laptop merupakan kebutuhan penting bagi pelajar ataupun pekerja saat ini. Masalah yang sering dialami adalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup. Disini akan kita bahas permasalahan tersebut, kenapa dan apa penyebab itu terjadi. 

Laptop semakin hari semakin canggih dengan fitur-fitur yang semakin banyak dan bervariasi. Setiap tahun pasti ada upgrade baik dari operating system, ram, vga, hardisk dan kemampuan bateray bertahan lama dan masih banyak lagi. Tempat penyimpanan file pun makin hari juga makin besar. Yang dahulu hanya 64 giga sekarang sudah merambah ke 1 terra. 

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Software untuk laptop semakin hari juga semakin banyak dan canggih. Jaman sekarang sangat dipermudah dengan adanya laptop. Dalam perawatan sebenarnya juga tidak perlu perawatan khusus selama dipakai sewajarnya laptop tidak akan rusak hanya saja membeli peralatan elektronik seperti untung-untungan. Terkadang mudah rusak dan terkadang pula juga bandelan. 

Yang perlu diperhatikan pertama adalah merk dari laptop. Dengan laptop yang bermerk terkenal seperti acer, lenovo, hp, samsung, apple, asus itu bakal awet-awet saja bila dipakai sewajarnya, dalam artian dipakai dengan kemampuan spek laptop tersebut. Kerusakan pada laptop sering dikarenakan beban yang dipakai melebihi spek yang dimiliki laptop tersebut. Mari kita ulas beberapa penyebab laptop mati tapi lampu indikator masih hidup. 

Beberapa Penyebab Laptop Tidak Bisa Nyala

BATERAY
Pertama kali yang harus kita pastikan dalam cek laptop tidak bisa nyala adalah bateraynya. Apakah bateray masih apa sudah habis. Ini saat posisi kabel charge tidak terpasang atau dalam posisi tidak dicharge. 

Bila dalam keadaan bateray 0% maka daya bateray tidak kuat mengangkat untuk start laptop. Bila hal ini terjadi mudah saja dalam penanganannya, tinggal ambil charge laptop kemudian tancapkan pada colokan listrik maka laptop akan menyala sekaligu mengisi bateray hingga full. Untuk mencegah bateray ngedrop atau mudah habis disarankan untuk menjaga agar bateray tidak habis hingga 0%, jadi bila bateray sudah memasuki dibawah 10% segera charge laptop kamu. 

HARDISK
Penyebab lain laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup berkedip-kedip bisa jadi hardisknya sedang rusak. Tapi biasanya kerusakan hardisk ditandai adanya peringatan pada layar sebelum rusak total. Untuk memastikan rusak tidaknya ada baiknya kamu bawa ke servis laptop terdekat. Bila masih dalam masa garansi maka bisa di klaimkan ke tempat service center merk laptop. 

RAM
Kemungkinan lain laptop tidak bisa menyala adalah ram yang telah rusak. Gejala ini biasanya ditandai dengan lampu indikator hanya berkedip saja, layar laptop tidak mau menyala, mesin menyala tapi laptop tidak mau booting atau start hingga menyala. 

Untuk penangan sederhana adalah dengan cara melepas ram yang terpasang dan gosok sisi kuning ram dengan stip/penghapus pensil hingga bersih mengkilap. Kemudian pasang kembali dan pastika terpasang dengan benar dan posisi kuningan menempel dengan sempurna pada slot ram. 

BIOS
BIOS adalah basic input output sistem mengatur fungsi dasar perangkat hardware laptop. Apabila rusak maka laptop tidak akan merespon pada waktu laptop dihidupkan. Ciri kerusakan bios antara layar ngeblank saat dihidupkan, muncul blue screen, tidak bisa booting, laptop mati total. Bila ini terjadi bawa ke ahli servis laptop karena berhubungan dengan hardware yang harus diperbaiki.

VGA
adalah kepanjangan dari video graphic accelerator yang berfungsi mengolah tampilan pada layar laptop. Kerusakan pada vga juga salah satu penyebab laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup. Gangguan pada grafis laptop tampak laptop tidak bisa menyala padahal mesin/kipas menyala. 

Itulah beberapa kendala yang sering terjadi pada laptop. Untuk mencegah kerusakan pakailah sesuai standard operasional laptop tersebut. Pakailah sesuai spek laptop agar kinerja laptop tidak berat.

Belum ada Komentar untuk "Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel