Kelompok Pekerjaan Dan Jenis Pekerjaan

Dalam dunia kerja dapat digolongkan dalam beberapa kelompok pekerjaan dan jenis pekerjaan. Dalam kelompok pekerjaan dapat dibagi menjadi antara lain adalah sebagai berikut :
  • Pegawai Negeri
  • Pegawai Swasta
  • Pegawai BUMN
  • Wiraswasta
Kelompok Pekerjaan Dan Jenis Pekerjaan

BEBERAPA JENIS PEKERJAAN
Adapun untuk jenis- jenis pekerjaan antara lain sebagai berikut :

Pedagang
Pedagang adalah suatu tindakan menjual suatu barang untuk mendapatkan keuntungan. Adapun cara mendapatkan keuntungan adalah dengan cara menjual barang dengan selisih harga jual dengan harga modal. Pedagang bisa dikategorikan menjadi beberapa diantaranya pedagang menetap, pedagang kaki lima, pedagang online, pedagang berpindah- pindah dan lain-lain. 

Nelayan
Nelayan adalah pekerjaan menangkap ikan dilaut untuk dijual dan sebagian juga dikonsumsi sendiri. Banyak cara untuk menangkap ikan akan tetapi kebanyakan nelayan adalah memakai jala/jaring karena ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem. Hasil tangkapan nelayan antara lain ikan tongkol, ikan tuna, cakalang, pari, udang dan masih banyak lagi. Ikan tersebut akhirnya akan dijual di tempat lelang ikan. 


Penjahit
Penjahit adalah pembuat busana mulai dari baju seragam, pakaian sehari-hari, celana, jaket dan lain-lain. Penjahit dibutuhkan ketrampilan khusus dalam membuat baju, perlu kursus agar dapat menjahit dengan baik dan benar. Tidak asal menjahit saja akan tetapi juga harus pandai memotong bentuk kain yang akan dijahit agar pas nantinya bila dipakai. Dalam menjahit ada dua kategori yaitu menjahit sendiri dirumah dan menjahit disuatu perusahaan tekstil. 

Tukang Kayu
Adalah pekerjaan membuat barang atau benda dengan bahan kayu. Contohnya antara lain adalah membuat pintu, kusen, jendela, lemari, rangka rumah, meja, kursi dan masih banyak lagi. 

Petani
Adalah pekerjaan menanam tumbuh-tumbuhan untuk dipetik hasilnya dan dijual. Tanaman yang biasanya ditananm adalah antara lain padi, jagung, kedelai, kacang tanah, sayuran, ketela, buah-buahan, umbi-umbian, bawang, tanaman bumbu dapur dan masih banyak lagi. Petani banyak dijumpai di pedesaan karena lahan di desa masih luas untuk bercocok tanam. Sedang penjualannya dikirim ke kota untuk dikonsumsi masyarakat kota. 

Peternak
Peternak adalah memelihara hewan untuk dikembang biakkan atau di rawat supaya besar selanjutnya untuk dijual. Hewan yang dipeliahara banyak sekali antara lain sapi, kerbau, kambing, ayam, kelinci, burung, cacing, jangkrik, dan masih banyak lagi. Peternak memiliki penghasilan dari menjual hewan ternak atau barang yang dihasilkan oleh ternak seperti telur dan lain-lain. 

Pengrajin
Adalah membuat barang dari bermacam-macam bahan seperti kayu, kain, barang bekas, sampah plastik dan lain- lain. Produk dari pengarajin antara lain peralatan rumah tangga, souvenir, hiasan dinding, gerabah, tikar dan masih banyak lagi. Pengrajin biasanya adalah berupa home industri dengan karyawan orang-orang dilingkungan disekitar. 

Pekerjaan Jasa
Pekerjaan jasa adalah pekerjaan menjual produk pelayanan tanpa adanya barang yang dijual. Pekerjaan jasa antara lain adalah jasa loundry, menjadi guru, dokter, bidan, perawat, polisi, tentara, buka les privat, jasa antar, jasa dekorasi dan masih banyak lagi. 


Itulah beberapa kelompok pekerjaan dan jenis pekerjaan dilingkungan sekitar kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian untuk mencari referensi pekerjaan. 

Belum ada Komentar untuk "Kelompok Pekerjaan Dan Jenis Pekerjaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel