Bagaimana Cara Mencari Ide Untuk Sebuah Peluang Usaha Bagi Pemula

Apakah kamu dalam hati pernah bertanya, 
usaha apa ya enaknya? 
Bagaimana cara mencari ide untuk sebuah peluang usaha ya? 
Bagaimana cara memulai usaha ya? 
Apakah saya bisa sukses dengan usaha ini ya? 

Bila kamu memiliki mental seorang pebisnis saya yakin pasti pernah menanyakan hal-hal tersebut. Berbeda dengan seorang yang bermental karyawan, pasti dalam pikirannya kerja apa saya, ingin jadi PNS saja lebih aman. Itulah perbedaan pola pikir seseorang. 

Cara Mencari Ide Untuk Sebuah Peluang Usaha

Tidak ada yang salah sih, semua benar-benar saja yang pada intinya adalah ingin mendapat penghasilan cuma yang membedakan adalah jalan dari penghasilan tersebut. Yang satu dari hasil usaha dan satunya lagi dari upah sebagai karyawan. Dan semua itu benar adanya. 

Nah pada kali ini yang akan kita bahas aalah bagaimana cara mencari ide untuk sebuah peluang usaha yang nantinya akan kita jadikan sumber penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-kita dan keluarga kita. 

Sebenarnya ide usaha itu sangatlah banyak apabila kita jeli melihat disekitar kita. Yang menjadikan kita bingung itu adalah memilih usaha apa yang cocok untuk kita kerjakan. Selain itu rasa takut akan kegagalan juga menjadi penyebab kita menunda-nunda untuk memulai suatu usaha dengan berbagai alasan yang seharusnya bukan menjadi alasan yang tepat untuk memulai usaha tersebut. 

Aku tidak punya modal... 
Aku bingung mau jualan apa.. 
Nanti kalau aku mulai bisa berhasil gak ya.. 
Aku orangnya bodoh.. 
Aku takut jualanku tidak laku.. 
Dan masih lagi sejuta alasan untuk menunda-nunda memulai usaha dan pada akhirnya waktu terus berlalu tak ada satupun usaha yang berjalan. Hanya pasrah melihat kesuksesan orang lain. 

Yuk kita coba memaksimalkan diri kita dan mengasah kreatifitas kita. Langkah-langkah bagaimana cara mencari ide untuk sebuah peluang usaha antara lain sebagai berikut. 

MENCARI IDE UNTUK SEBUAH PELUANG USAHA

Pikirkan Apa Kemampuan Anda
Kemampuan yang kamu miliki bisa dijadikan ide usaha untuk memudahkan kamu mencari peluang usaha yang akan kamu jalani. Misalkan kamu memiliki kemampuan dalam bernegosiasi maka kamu bisa mencoba menjadi seorang makelar jual beli mobil bekas, sepeda motor bekas, atau bisa mencoba menjadi makelar hewan seperti sapi, kerbau, kambing dan lain sebagainya. 

Amati Kebutuhan Orang Disekitar
Coba perhatikan orang-orang disekitar kamu, apa-apa saja yang dibutuhkan oleh mereka. Semisal kamu tinggal di dekat pabrik yang memiliki karyawan banyak, maka kamu bisa membuka usaha catering makanan untuk makan siang para karyawan pabrik. 

Apabila kamu dekat dengan kampus maka kamu bisa membuka usaha fotocopy, alat-alat tulis, rental komputer atau apa saja yang dibutuhkan mahasiswa. Dengan memenuhi kebutuhan orang disekitar kamu saja kamu sudah memiliki ide usaha untuk kamu jalankan. 

Mencari Hal Atau Produk Yang Lagi Ngetrend
Terkadang ada moment dimana ada hal yang ngetrend pada suatu waktu. Barang yang lagi ngetrend pasti banyak dicari orang dan laris dipasaran. Dengan cara ini kamu sudah bisa mencari ide usaha untuk dicoba. Carilah beberapa produk yang saat sekarang sedang hits asah kreativitasmu. 

Inovative
Selain kreatif kamu juga dituntut untuk inovative. Dengan beberapa inovasi kamu dapat menambah nilai lebih pada suatu produk yang sudah ada. Bukan untuk menjiplak akan tetapi mengembangkan suatu produk yang sudah ada dengan memberi manfaat lebih dari kebanyakan produk. 


Salah satu contoh berinovasi pada suatu produk adalah seperti ini, misal ada alat pel lantai yang biasanya diperas dengan menggunakan tangan dengan inovasi pada alat dibawah bisa berputar hanya dengan menekan-nekan kebawah alat pel sudah terperas dengan baik layaknya alat spiner mesin cuci. 

Nah itulah sobat beberap langkah bagaimana cara mencari ide untuk sebuah peluang usaha. Semoga dapat memberi motivasi bagi kalian yang masih bingung mencari ide untuk memulai usaha. 

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Mencari Ide Untuk Sebuah Peluang Usaha Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel