Ciri Ciri Usaha Kecil Kelebihan Dan Strategi Memulainya Agar Sukses

Apa saja sih ciri ciri usaha kecil yang biasa digunakan untuk memulai usaha.  Mempunyai usaha adalah dambaan bagi semua orang. Memiliki usaha sendiri berarti kita adalah bos bagi usaha kita. Tidak seperti karyawan yang bekerja kepada orang, dengan memiliki usaha sendiri kita bisa lebih bebas melakukan apapun dan juga bebas sesuka hati mencari keuntungan sesuka kita.

Ciri Ciri Usaha Kecil

Macam- macam jenis usaha bisa di kategorikan menjadi beberapa kategori yaitu :
  • Usaha Mikro
  • Usaha Kecil
  • Usaha Menengah
  • Usaha Besar
Semua usaha itu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal pandai-pandai nya kita dalam mengelola usaha tersebut. Bila kamu adalah pemula yang baru saja ingin memulai usaha atau masih awam dalam usaha maka disarankan untuk memulai dengan usaha kecil terlebih dahulu saja.

CIRI-CIRI USAHA KECIL

Apa saja ciri ciri usaha kecil yang pada umumnya dikerjakan oleh pemula bisnis, antara lain yaitu :
  1. Usahanya masih sederhana dan tidak memerlukan pemikiran yang ribet karena belum memiliki sistem dalam menjalankannya. 
  2. Usaha yang dilakukan cenderung tidak formal dan tidak memiliki rencana (planing). 
  3. Struktur organisasinya bersifat sangat sederhana. 
  4. Memiliki jumlah tenaga kerja yang sedikit dan pekerjaanya fleksibel, satu orang tidak memiliki tugas khusus satu pekerjaan akan tapi bisa merangkap beberapa pekerjaan
  5. Tidak memiliki administrasi yang yang bagus, terkadang tercampur antara uang pribadi dengan uang untuk usaha.
  6. Tidak punya perencanaan untuk menekan atau mengoptimalkan biaya usaha
  7. Pemasaran produk kurang begitu baik karena belum mengetahui cara pemasaran yang baik dan benar
  8. Memiliki margin keuntungan relatif kecil
Itulah ciri ciri usaha kecil yang biasa di awal merintis usaha. Akan tetapi usaha kecil juga memiliki kelebihan dan kemudahan untuk mengawali usaha dan mencari pengalaman dalam berbisnis. Apa saja kelebihan usaha kecil, antara lain adalah :

Modal sedikit, usaha diawal pasti takut rugi dan takut bangkrut. Oleh karena itu dengan modal yang kecil dapat meminalisir kerugian akibat kegagalan dalam memulai usaha. Yang kita cari adalah ilmu dan pengalaman dalam memulai usaha. 

Tahan banting, usaha kecil lebih kuat dalam mengalami keadaan seperti pada saat krisis. Bila usaha yang besar dapat gulung tikar karena krisis atau saat pandemi corona covid 19seperti sekarang ini bila usaha kecil masih bisa bertahan dan masih saja bisa eksis. 

Cepat memulai, usaha kecil lebih cepat dimulai karena tidak memerlukan perhitungan yang rumit dan dengan modal yang relatif kecil juga. 

Penuh tantangan, dengan tantangan dalam memulai usaha bila mempunyai jiwa petualang dalam bisnis maka akan bisa melewatinya. Dengan tantangan ini pula untuk menguji seberapa tahan banting kita dalam memulai usaha. 

Mudah beradaptasi, dengan berbagai kalangan yang berbeda beda usaha kecil lebih bisa mudah beradaptasi dengan keadaan yang ada. Lebih fleksible dalam segala hal. 

Inovasi, ide- ide akan mudah muncul dengan adanya hal- hal baru. Inilah yang membuat kreatif para pemilik usaha kecil. Mereka lebih inovatif dalam segala hal demi kelancaran usaha dan mencari peluang keuntungan. 

Untuk memulai usaha jangan fokus dulu ke laba atau keuntungan. Fokuslah pada strategi bagaimana kedepan usaha kamu bisa maju dan berkembang. Apabila mencari keuntungan jangan langsung mengambil untung yang sangat besar karena dengan cara itu pelanggan akan kapok dan tidak akan membeli kembali kelak, tidak repeat order kepada anda. 


Selain strategi itu yang tidak kalah penting adalah dari sisi pelayanan. Dengan pelayanan yang baik dan memuaskan maka pelanggan kamu bisa jadi secara sukarela mempromosikan usaha kamu. Nah dengan promosi dari mulut ke mulut oleh palanggan itulah prospek kedepan akan baik. 

Demikian sekilas tentang ciri ciri usaha kecil dan strategi memulainya. Semoga bermanfaat jangan takut untuk mencoba dan jangan takut gagal. 

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Usaha Kecil Kelebihan Dan Strategi Memulainya Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel