Cara Memulai Usaha Kecil Kecilan Biar Sukses Kedepannya

IDE USAHA - Bagi kamu yang masih awam dalam berbisnis mulailah dengan bisnis yang kecil terlebih dahulu. Bagaimana cara memulai usaha kecil-kecilan agar kamu bisa sukses. Mari ktia bahas langkah demi langkah cara dan metode serta strategi memulai bisnis bagi kamu yang masih pemula.

Banyak sekali alasan-alasan seseorang dalam menunda-nunda memulai bisnis. Ada yang beralasan karena modal yang pas-pasan, ada yang dengan alasan bingung bisnis apa dan berbagai macam alasan yang lain.
Cara Memulai Usaha Kecil Kecilan

Bila kamu beralasan belum mempunyai modal sebenarnya itu bukan suatu alasan yang tepat untuk memulai kenapa, karena bisnis tidak harus menggunakan modal yang besar. Cukup dengan kemauan dan kreatifitas anda sudah bisa memulai usaha. 

Kreatifitas dan ide-ide yang brilian bisa kamu cari dari lingkungan sekitar kamu terlebih dahulu. Apa-apa saja yang banyak dibutuhkan dilingkangan sekitar kamu. Cari ide usaha yang banyak dicari orang tapi yang menjualnya masih sedikit. Selalu ada cara bila kamu bersungguh-sungguh mrncari peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan. 


Mulailah dari bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mencari pengalaman dalam bidang bisnis. Tapi yang disayangkan kenapa sebagian besar para pebisnis kecil tidak bisa sukses dan berhasil mengembangkan usahanya. Ini dikarenakan tidak diawali dalam merintis dengan cara yang baik dan benar. 

Nah disini akan kita bahas bagaimana sih untuk memulai bisnis kecil yang baik dan benar dengan tahapan- tahapan yang tepat dalam melangkah. Yuk kita simak satu persatu. 


CARA MEMULAI USAHA KECIL-KECILAN

Melakukan Penelitian Terlebih dahulu

Terkadang kita sudah punya ide untuk suatu usaha akan tetapi belum bisa menyeimbangkan antara usaha dan realita dilapangan. Jadi perlu dilakukan riset dilapangan kedepan apakah ide usaha kamu mempunyai potensi untuk berhasil atau tidak. 

Cara Memulai Usaha Kecil Kecilan

Bila dirasa akan berhasil maka lanjutkan dengan segala cara agar kelak benar-benar berhasil kamu jalankan. Bila terjadi trial dan error dalam proses penelitian itu sudah biasa. Lakukan riset mendalam dengan meneliti juga siapa yang menjadi pesaing bisnis tersebut. Apakah bisnis itu berhasil dijalankan oleh kompetitor dan bagaimana kok orang lain bisa sukses menjalankannya.

Untuk memulai penelitian kaamu bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini.
  • Apakah ide bisnis ini benar-benar dibutuhkan masyarakat yang akan kamu jadikan sasaran bisnis?
  • Siapa saja kalangan yang membutuhkan barang atau jasa yang akan kamu mulai rintis?
  • Siapa saja saingan bisnis tersebut?
  • Bagaimanakah persaingannya berat atau ringan?
  • Bagaimana strateginya agar produk barang atau jasa kamu bisa laris dipasaran?

Penelitian ini dilakukan untuk memvalidasi ide kamu karena bila tidak valid dan kamu memaksa untuk melakukan sama saja langkahmu akan sia- sia. Maka dari itu lakukan riset yang mendalam dan detail untuk mendapatkan hasil yang valid. 



Membuat Perencanaan Awal

Setelah kamu melakukan penelitian yang valid langkah selanjutnya adalah kamu membuat perencanaan ide bisnis atau lebih dikenal dengan nama business plane kamu. 

Memulai sesuatu tanpa perencanaan seperti membuat masakan tanpa ada resepnya. Ibarat berjalan tanpa tau arah dan rute tujuan. Maka dari itu dibutuhkan perencanaan dan rute tujuan untuk meraih keberhasilan. 

Perencanaan yang berstruktur step by step akan memudahkan langkah kamu untuk start up dimulai dari mana dan bagaimana caranya. Lakukan secara urut sesuai kebutuhan agar semua terprogam dengan baik. 

Untuk contoh perencanaan sederhana anda tentukan terlebih dahulu ide usahanya kemudian permodalannya, pemasarannya, cara mempromosikannya dan bagaimana mengatur administrasinya. 

Membuat Rencana Keuangan

Membuat perencanaan keuangan sangat penting karena untuk mengukur kemampuan kita dalam berbisnis untuk mengeluarkan biaya- biaya yang dibutuhkan. 

Harus bisa dipastikan bahwasanya anda memiliki cukup modal untuk operasional usaha. Bila anda melakukan bisnis kecil sebenarnya tidak terlalu ribet untuk membuat perencanaanya karena kamu tidak harus mengurus segala sesuatu semisal biaya perijinan, biaya asuransi, biaya promosi dan lain lain. 

Akan tetapi meskipun usaha kecil harus tetap memperhitungkan semuanya dan juga disiapkan modal cadangan untuk membiaya hal- hal yang kemungkinan terjadi. 

Yang harus anda hitung perencanaan keuangannya untuk usaha kecil kecilan antara lain untuk bahan baku, sewa tempat, transportasi, promosi, itu saja. 

Membuat Struktur Bisnis

Sebenarnya bila melakukan usaha kecil kecilan bisa saja mandiri saja tidak perlu menggunakan struktur organisasi seperti PT atau CV atau perusahaan yang besar. Akan tetapi akan lebih baik bila anda juga memiliki struktur apabila anda memiliki karyawan atau anak buah meskipun sedikit.

Membuat Merk Dagang Brand

Meskipun usaha hanya kecil akan tetapi anda tidak tau kedepan bisnis anda bisa sukses dan berkembang besar. Maka dari itu anda harus membuat merk dagang milik anda agar kedepan tidak ada yang menggunakan merek anda untuk produk orang lain.

Agar aman daftarkan merk milik anda ke hak paten agar bila orang lain memakai merek milik anda ada sangsi karena sudah anda daftarkan ke hak paten anda. Bila anda menggunakan pemasaran secara online maka website yang anda gunakan website dengan domain berbayar dan anda registrasikan.

Mempromosikan Bisnis Anda

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memiliki banyak pelanggan, pembeli atau pengguna jasa anda. Untuk mendapatkan pelanggan bila anda baru memulai berbisnis maka anda harus gencar dalam mempromosikannya.

Cara Memulai Usaha Kecil Kecilan

Bila anda kurang mempromosikan bisnis anda maka akan lambat berkembang. Promosi ada berbagai cara antara lain share bisnis anda ke media sosial, bisa dari mulut ke mulut, memberitahukan kepada teman/sahabat, dan bisa juga beriklan berbayar seperti Facebook Ads dan iklan-iklan berbayar lainnya.


Demikian lah langkah langkah cara memulai usaha kecil-kecilan yang bisa kamu mulai dari sekarang. Awali dengan fokus pada banyaknya pelanggan terlebih dahulu. Bila usaha anda dibidang perdagangan jangan mengambil untung besar terlebih dahulu.

Berikan pelayanan yang memuaskan agar kedepan pelanggan anda akan kembali kepada anda dan agar mau mempromosikan usaha yang anda jalankan secara sukarela.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memulai Usaha Kecil Kecilan Biar Sukses Kedepannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel