USAHA YG BERHUBUNGAN DGN PERTANIAN DAN BISNIS PERTANIAN MODAL KECIL

Usaha pertanian adalah salah satu usaha yang membutuhkan kreatifitas kita dalam mengelola kehidupan tanaman sehingga dapat tumbuh subur dan menghasilkan. Ada banyak sekali macam-macam usaha pertanian.

Anda tinggal dikota? Tidak punya sawah untuk bercocok tanam? Padahal kalian ingin sekali bercocok tanan selain untuk menjadi penghasilan tambahan juga bisa dikonsumsi sendiri. Berbagai macam jenis usaha pertanian banyaknya kebutuhan dari hasil pertanian dapat menjadi peluang usaha untuk menjadi sumber pendapatan.

Jangan khawatir, bercocok tanam tidak harus di sawah yang luas dan di pedesaan. Kalian bisa gunakan area di sekitar rumah kalian untuk bercocok tanam. Bisa di halaman teras depan, bisa di kanan kiri rumah, bisa juga dibelakang rumah yang terbuka, akan lebih enak lagi bila desain rumah kalian di sisi atap adalah bukan genteng tapi dak cor beton. Disitu tanaman akan terpapar sinar matahari secara langsung jadi tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Bercocok tanam ada berbagai media, bisa menggunkan polibag bisa juga dengan menggunakan hidroponik. Asalkan ada kemauan pasti ada saja ide bagaimana caranya agar bisa menanam tumbuh-tumbuhan disekitar rumah kalian.

Baca Juga : Peluang Usaha Terbaru Dan Terlaris Bagi Anda Yang Mencari Peluang Usaha Baru

Tanaman apa saja yang bisa kita tanam di sekitar rumah kita yang tidak memerlukan lahan yang luas, yuk kita bahas disini semoga bisa menginspirasi teman-teman sekalian untuk mulai bercocok tanam.

Apa saja ,yuk..!!

USAHA PERTANIAN BAWANG MERAH DAN PUTIH

Bumbu dapur paling utama adalah bawang. Dalam varianya bawang ada dua bawang merah yang warnanya merah dan bawang putih yang warnya putih. Jangan kebalik ya hehe..

USAHA YG BERHUBUNGAN DGN PERTANIAN DAN BISNIS PERTANIAN MODAL KECIL


 Kebutuhan hasil pertanian puncak lonjakanya adalah disaat bulan puasa hingga hari raya idul fitri.
Oleh karena itu gunakanlah moment ini menjadi ladang usaha kalian. Tanamlah sekiranya panen disaat-saat bulan itu.

Selain menambah pendapatan keluarga bawang juga digunakan sendiri. Jadi seperti sakali dayung dua tiga pulau terlampaui.

USAHA PERTANIAN SAWI HIJAU / SOSIN

Sayuran ini sangatlah populer dimanapun. Tanaman ini dibandingkan dengan tanaman lainya relatif lebih cepat panenya. Kira - kira dalam waktu kurang satu bulan sudah bisa dipanen.

Yang memebedakan sawi hijau dengan sawi putih adalah dari warna bunga serta warna daunya. Bila sawi hijau memiliki daun berwarna hijau dengan bunga berwarna keputih- putihan dan memilki panjang batang yang lebih panjang dibandingkan dengan sawi putih.

Kalian bisa menanamnya di tanah kosong sekitar rumah yang bisa terkenan sinar matahari secara langsung.

Banyak yg mengatakan dengan melakukan usaha cocok tanam sawi hijau ini bisa meraih untung jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah perbulannya dalam sekali panen.

Tata cara penanaman sawi hijau sebagai berikut :


  • Pemilihan benih yang baik
  • Proses pembuatan benih sawi
  • Persiapan bedengan ( lahan pindah tanam)
  • Penanaman di lahan pindah tanam
  • Pemeliharaan harian
  • Pengunduhan atau saatnya panen

Peliharalah sebaik mungkin agar supaya hasilnya bisa maksimal.

USAHA PERTANIAN CABAI MERAH

Apakah kalian suka pedas?
Bila suka kalian sepertinya akan cocok dengan usaha pertanian ini. Menanam tanaman yang anda sukai.

Selain dikonsumsi pribadi cabai yang pedas ini bisa dijadikan peluang usaha bagi kalian. Cabai dipasaran permintaan masyarakat sangatlah tinggi. Cara penanamanya pun relatih sederhana dan mudah.

Kalian bisa menanam di sekitar rumah dengan cara polibag atau bisa juga dengan cara hidroponik.

USAHA PERTANIAN PENANAMAN TOMAT

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya tomat. Berbentuk bulat dengan varian warna ada yang merah, hijau muda dan kuning terang.

Tomat dapat tumbah apabila ditanam ditempat yang basah. Yang terpenting dalam penanaman tomat adalah skill disaat penyetekan. Untuk menumbuhkan akar diperlukan cukup air ditempat kalian menanam tomat.

Setelah berkisar antara 1 hingga 2 minggu tunas akan tumbuh akan tetapi diperlukan tempat dengan suhu hangat. Setelah tumbuh akar yang lumayan panjang maka kalian sudah memindahkan ke media tanamnya.

Tinggal memunggu tomat berbuah dan siap untuk dipanen.

USAHA PERTANIAN PENANAMAN KANGKUNG

Berikutnya adalah tanaman kangkung. Masa tanam hingga panen sayuran kangkung adalah antara 4 s/d 6 minggu.

Gunakan lah media tanam hidroponik. Wadah yang dipakai bisa baskom saja. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain :

  • Bibit kangkung
  • Pupuk untuk sayuran
  • Zat Pengatur Tumbuh ( ZPT)
  • Plastik yang berbentuk menyerupai saringan
  • Wadah/ baskom

Simpel saja bukan ??

Baca Juga : Mencari Peluang Usaha Baru Yang Menjanjikan Saat Ini

USAHA PERTANIAN MENANAM BAYAM

Sayur bayam berguna untuk menambahkan zat besi dalam tubuh. Oleh karena itu sayur yang direkomendasikan untuk dimakan tiap hari adalah sayur bayam.

Untuk menanam bayam cukup dengan menggunakan polibag saja. Tidak usah ditanam di perkebunan yang luas.

Bahan- bahan yang dibutuhkan cukup mudah dan simpel. Kalian hanya menyediakan media tanam yaitu polibag, kemudian bibit bayam yang berupa biji atau yang sudah di stek, tanah secukupnya, kompos.

Untuk menanggulangi hama kalian cukup menyemprotkan pestisida yang tidak terlalu banyak kandungan bahan atau zat kimia.

BUDIDAYA PENANAMAN TERONG

Kandungan gizi yang terdapat pada tanaman terong adalah vitamin K, bioflavoniod, mineral, kalsium dan masih banyak lagi.

Yang menjadikan tanaman terong tumbuh subur dan baik selain karena media tanam yang bagus suhu juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman terong. Suhu idealnya adalah antara 22° - 30° C.

Tanaman terong siap panen setelah memasuki usia minimal 3 bulan. Cara panen tidak langsung dipanen habis melainkan berangsur-angsur dalam 3 sampai 7 hari selama maksimal 6 bulan.

USAHA PERTANIAN PENANAMAN KUNYIT

Berikutnya adalah tanaman kunyit. Tanaman ini bermanfaat untuk bahan jamu, untuk bumbu masakan dan juga bisa digunakan untuk pewarna alami makanan.

Harga kunyit naik turun antara 15 rb perkilo sampai dengan 50 rb rupiah perkilo.

Ini bisa anda jadikan referensi untuk dijadikan peluang usaha.

USAHA PERTANIAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Budidaya jamur tiram prospeknya sangat bagus. Modal usaha pertanian untuk usaha ini juga relatif kecil. Jamur tiram menjad tanaman yang menjanjikan masa depan bagi yang teliti dan telaten dalam mengelolanya.

Tempat yang dipergunakan untuk budidaya jamur harus didalam ruangan tapi dengan suhu yang lembab. Maksimal suhu yang digunakan adalah maksimal 30°C.

Baglog yang sudah siap dibudidayakan banyak dijual dengan harga yang terjangkau. Pada saat ini harga baglog berkisar 2.500 per baglog. Tinggal menyiapkan rak-rak yang digunakan untuk menata baglog.

Peralatan yang harus dimiliki lagi adalah termometer untuk mengecek suhu ruangan. Bila suhu diatas 30°C maka bisa diturunkan dengan menyirami baglog dan lantai dengan air.

Baca Juga : Usaha Rumahan Yang Mudah Dan Menjajikan Saat Ini

Itulah sekelumit peluang usaha pertanian yang menguntungkan bagi kalian yang ingin terjun di dunia usaha tani.

Peluang usaha pertanian di desa maupun anda yang tinggal dikota tidak menutup kemungkinan bisa menjalankanya.

Belum ada Komentar untuk "USAHA YG BERHUBUNGAN DGN PERTANIAN DAN BISNIS PERTANIAN MODAL KECIL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel