Manfaat Tidur Penyebab Kenapa Sulit Tidur Dan Cara Mengatasi Sulit Tidur Di Malam Hari

Tidur merupakan proses dimana seluruh anggota badan kita serta pikiran serta seluruh organ kita beristirahat total. Kenapa disaat tidur daya tangkap kita berkurang , itulah karena seluruh organ kita sedang istirahat. Pada kebanyakan orang menhabiskan sepertiga waktunya adalah untuk tidur. Karena memang itulah yang diperlukan tubuh untuk beristirahat supaya keesokan harinya akan fresh dan segar kembali baik badan maupun pikiran.

Apa manfaat tidur bagi manusia?
Manfaat tidur sangatlah banyak, bila anda setiap hari melakukan tidur yang cukup maka tubuh anda akan lebih sehat. Resiko mengalami berbagai macam penyakit seperti jantung, gagal ginjal, stroke dapat diminimalisir dengan istirahat yang cukup. Selain itu tidur juga dapat membantu pertumbuhan badan anda apabila anda masih dalam masa pertumbuhan. 

Manfaat Tidur Penyebab Kenapa Sulit Tidur Dan Cara Mengatasi Sulit Tidur Di Malam Hari


Tidur yang cukup juga berguna menjaga berat badan anda, anda bisa lebih aktif pada siang harinya, dan bisa lebih mempertajam ingatan anda tidah mudah lupa atau pikun.

Jam tidur malam yang baik adalah pada jam setengah delapan malam atau jam delapan malam. Menurut agama islam tidur semakin awal makan semakin baik. Misal setelah sholat isya jam 7 malam kemudian tidur itu akan lebih baik dan mnyehatkan bagi tubuh. Untuk durasi tidur sendiri yang baik adalah antara 6 sampai 8 jam dalam satu hari. Jadi bila anda tidur jam 8 malam maka anda bangun jam 2 pagi itu sudah cukup untuk bersitirahat di malam hari.

Kenapa sulit tidur ?
Ada berbagai macam sebab kenapa sulit tidur atau lebih dikenal dengan insomnia di malam hari. Antara lain bila dari sisi pikiran disebabkan karena anda stress, cemas, depresi dan pikiran kacau.

Bila berasal dari luar pikiran antara lain disebabkan karena anda minum kopi, alkohol, suhu tubuh anda yang tinggi, dan bisa juga anda baru saja makan makanan yang memiliki tinggi lemak dan juga tinggi kalori. Oleh karena itu jagalah pola makan anda agar kesehatan anda terjaga selalu.

CARA MENGATASI SULIT TIDUR


Cara mengatasi sulit tidur ada berbagai macam cara antara lain  :

  • Sebelum anda tidur mandilah dengna air hangat, dengan air hangat tubuh anda akan terasa lebih rileks. Dengan badan anda yang rileks anda akan merasa nyaman dan anda pun akan mengantuk dan bisa tidur dengan pulas.
  • Sebelum anda tidur minumlah susu yang hangat. Dengan susu hangat perut anda akan tersa hangat dan itu akan mempermudah anda untuk tidur.
  • Selanjutnya adalah agak aneh yaitu dengan cara menghitung mundur. Cobalah anda sebelum tidur menghitunglah mundur dari 1000,999,998,997,996,995 dan seterusnya, lama kelamaan mata anda akan mengantuk dan anda tidak terasa akan tidur lelap.
  • Jauhkan handphone anda dari tempat tidur anda. Pada jaman sekarang ini setiap orang pasti memiliki Handphone dan kesalahanya HP disaat akan tidur di taruh didekat ia tidur. Itu tidak baik dan juga akan menggangugu tidur anda. Sebaiknya tempatkan gadjet anda jauh dari jangkauan anda saat tidur agar anda terhindar dari radiasi Handphone dan tidur anda akan pulas.
  • Matikanlah lampu kamar anda. Dalam keadaan gelap maka pikiran akan menjadi lebih tenang. Biasakanlah untuk mematikan lampu sebelum tidur apabila tidak terbiasa dengan tidur di tempat yang gelap gulita makan nyalakan lampu yang redup atau mempunyai watt yang kecil saja. Dengan lampu yang remang-remang anda akan lebih mudah rileks dalam tidur.


Itulah beberapa tips bagi anda yang sulit tidur di malam hari. Lakukan dengan bertahap apabila anda belum terbiasa. Obat sulit tidur alami yang bisa anda coba.

Jangan biasakan minum obat-obatan kimia tanpa resep dokter karena unutk jangka panjang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Sekian semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Tidur Penyebab Kenapa Sulit Tidur Dan Cara Mengatasi Sulit Tidur Di Malam Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel