Cara Agar Tidak Ngantuk Di Tempat Kerja Yang Ampuh Dan Alami

IDE USAHA - Kali ini kita akan membahas cara agar tidak ngantuk  di tempat kerja. Hal ini bisa mengganggu kinerja dan konsentrasi kita. Dari kebanyakan orang alternatif yang dilakukan adalah minum kopi. Itu baik-baik saja untuk dilakukan, namun masih ada beberapa cara alami untuk mengatasi rasa kantuk. 

Jika kamu mengantuk saat kerja yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

Tidur Siang Sebentar Tidak Lebih Dari 20 Menit

Tidur siang meskipun hanya sebentar bisa membuatmu badan kamu lebih segar dan fresh. Meluangkan waktu selama kurang lebih 10 sampai 20 menit di jam istirahat untuk tidur siang dapat membuatmu lebih konsentrasi dan meningkatkan fungsi kognitif otak kita. 

atasi ngantuk saat kerja

Meski demikian tidur siang sebaiknya jangan lama-lama tidak lebih dari 20 menit saja. Jika bekerja di malam hari kamu mungkin membutuhkan waktu tidur siang yang sama, yang penting adalah menjaga kualitas tidur dan juga menciptakan suasana nyaman untuk beristirahat.

Mengerjakan Tugas Yang Berbeda 

Tugas yang itu-itu saja bisa membuatmu jenuh dan akhirnya menimbulkan rasa kantuk. Oleh karena itu cobalah untuk mengganti atau mengerjakan tugas lain untuk menghilangkan rasa mengantuk.

Dengan melakukan berbagai macam aktivitas yang berbeda otak akan terangsang untuk bekerja sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, dengan begitu rasa kantuk akan hilang. 

Tarik Napas Dalam-Dalam 

Bernapas dapat meningkatkan asupan oksigen di dalam tubuh termasuk otak, nah jika asupan oksigen terpenuhi maka rasa kantuk akan berkurang bahkan akan hilang. Dengan menarik nafas dalam dan tahan semampunya kemudian lepaskan akan menambah konsentrasi. 

Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi adalah salah satu penyebab kelelahan dan mengantuk, untuk itu pastikan kamu minum banyak air putih dan juga mengonsumsi makanan yang mrmiliki tinggi kadar air seperti buah dan sayur-sayuran. 

Ayo Bergerak 

Berjalan dan senam ringan selama 10 menit dapat memperlancar aliran darah dan juga dapat mengalirkan energi. Setelah bekerja selama kurang lebih 2 jam sempatkanlah untuk jalan-jalan sebentar dari ruang kerja ke toilet atau naik turun tangga. 

Konsumsi Cemilan

Mengonsumsi camilan sehat yang menggabungkan protein dan sedikit lemak misalnya yoghurt dengan segenggam kacang. Camilan yang mengandung protein dapat meningkatkan energi, sementara lemak akan menghemat energi untuk bertahan sehingga kamu terhindar dari rasa kantuk.

 Tapi ingat jangan berlebihan ngemil, karena  mengonsumsi camilan berlebihan apalagi yang tinggi gula bisa membuat tambah mengantuk.

 Mengantuk adalah cara alami tubuh untuk memberitahukan bahwa kamu butuh istirahat. Jika kamu telah menjalankan cara-cara tersebut Tapi kamu tetap sering merasa mengantuk di tempat kerja atau di siang hari, berkonsultasilah kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. 

Baca Juga : Jadwal Hidup Sehat Untuk Kita Lakukan

Itulah sobat beberapa tips dan cara agar tidak ngantuk yang alami tanpa harus minum obat apapun. Tips ini bisa coba kamu lakukan saat kamu merasa ngantuk saat bekerja di kantor. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Tidak Ngantuk Di Tempat Kerja Yang Ampuh Dan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel