Jadwal Pola Hidup Sehat Yang Harus Kita Jaga Sehari Hari

Hidup sehat seperti apa sih yang kita cari ??

Halo gaes apa kabar hari ini, saya harap kamu semua sehat-sehat selalu ya.. Kali ini kita akan membahas jadwal pola hidup sehat yang harus kita jaga sehari-hari. Meskipun kita masih remaja kita harus selalu menjaga kesehatan ya, jangan kamu beranggapan bahwa penyakit akan datang diwaktu memasuki fase kadaluarsa alias sudah tua.

Nah ini merupakan pemikiran yang salah guys karena penyakit tidak memandang siapa dan berapapun usianya, maka dari itu kamu harus membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat sejak dini. 

Jadwal Pola Hidup Sehat Yang Harus Kita Jaga Sehari Hari

Karena mencegah penyakit akan lebih baik daripada mengobati. Emangnya pola hidup sehat itu apa sih ? pola hidup sehat merupakan suatu gaya hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan seperti pola makan, pola istirahat, menjaga kebersihan dan olahraga dalam kehidupan kita sehari-hari.

Adapun caranya adalah dengan menerapkan pedoman gizi seimbang. 

Aku mau kasih beberapa bocoran nih gimana bisa dengan menerapkan pola hidup sehat kamu bisa tumbuh kuat nggak mudah sakit dan cerdas. 

Hal pertama yang mempengaruhi pola hidup sehat adalah pola makan. Bisa dibilang nih ya You are what you eat, jadi apa yang kamu makan itulah cerminan diri kamu. Kalau kamu rajin makan makanan bergizi maka kamu akan menjadi sehat, dan sebaliknya kalau kamu malas makan makanan bergizi, kamu akan sering sakit. 

Sebenarnya yang sulit itu mengubah kebiasaannya. Sebagaimana kita tahu banyak orang sulit mengatur pola makan bahkan cenderung tidak memperhatikan pola makannya. Mereka masih sering makan makanan yang tidak bergizi seimbang seperti junk food atau makanan tinggi gula, garam dan lemak namun rendah vitamin dan serat. 

Jadwal Pola Hidup Sehat Yang Harus Kita Jaga Sehari Hari

Jika makanan tersebut sering dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka akan dapat meningkatkan resiko terjadinya kelebihan berat badan dan penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, stroke dan kanker. 

Maka dari itu kamu harus mulai menerapkan pola makan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Masih ingatkah makanlah beraneka ragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai kebutuhan, kalau kamu menerapkannya secara teratur aku yakin deh kamu bakalan sehat selalu. 

Apakah kamu masih ingat juga pada pedoman gizi seimbang, pilar kedua kamu juga harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari penyakit infeksi yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir serta selalu pakai alas kaki agar tidak kecacingan.

Selain itu kamu juga harus berperan aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya kamu suka begadang nggak hayo ngaku... kebiasaan tidur larut malam atau kurang tidur itu nggak baik buat kesehatan terutama pada remaja karena proses pertumbuhan terjadi saat tidur. 

Oleh karena itu remaja memerlukan tidur 6-8 jam sehari agar dapat tumbuh optimal dan meregenerasi sel-sel yang rusak, makanya usahakan selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup dan hindari kebiasaan tidur larut malam atau begadang agar tubuh selalu sehat dan segar. 

Apakah kamu mau badan jadi lemas dan bawaannya ngantuk mulu sepanjang hari gara-gara begadang. Selain tidur tubuh juga memerlukan aktivitas lain yang nggak bikin stres dan pastinya merefresh kita kembali misalnya jalan bareng keluarga, hangout bareng teman atau melakukan hobi yang kamu suka. 

Selain itu ada yang gak kalah penting juga nih kamu harus berolahraga agar kesehatanmu tetap terjaga. Olahraga minimal 150 menit dalam seminggu. Bagaimana caranya untuk mencapai 150 menit dalam seminggu tersebut kamu bisa melakukan olahraga 3 kali seminggu dengan durasi 50 menit setiap kali berolahraga atau 5 kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap kali berolahraga.

Olahraga yang kamu lakukan bisa bermacam-macam. Kamu bisa bersepeda, berenang, futsal badminton ataupun lari. Jika kamu merasa malas keluar rumah karena takut panas dan nggak mau kena matahari kamu bisa olahraga di rumah misalnya sit up, push  up, naik turun tangga atau lompat tali. Enggak cuma menjaga kesehatan dan kebugaran olahraga juga bisa bikin umur kita panjang menurunkan resiko penyakit meningkatkan kepadatan tulang dan mempertahankan berat badan normal.

Jadwal Pola Hidup Sehat Yang Harus Kita Jaga Sehari Hari

Jika kamu melakukan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan bergizi seimbang serat yang cukup, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta berolahraga secara teratur maka akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. 

Apa saja manfaat yang bisa didapat, pertama meningkatkan daya tahan tubuh kita dimasa mendatang, asal dilakukannya secara teratur jangan angin-anginan. Tahu kan angin-anginan itu apa itu loh yang sebentar semangat sebentar lupa.

Demikian jadwal pola hidup sehat yang harus kiya jaga, agar kita senantiasa sehat hingga nanti masa tua. Semoga bermanfaat dan lakukan dengan semangat dan rutin setiap hari. 

Belum ada Komentar untuk " Jadwal Pola Hidup Sehat Yang Harus Kita Jaga Sehari Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel