TERNAK MODAL 1 JUTA UNTUK PEMULA

IDE USAHA - Apakah kamu punya keinginan untuk menjadi peternak? Kali ini akan kita coba bahas ternak modal 1 juta untuk pemula. Peternakan adalah salah satu jenis usaha yang tetap akan berjalan sampai kapanpun karena kebutuhan akan daging dan telur akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Jika kamu tinggal di daerah pedesaan dengan lingkungan yang banyak pepohonan dan belum padat penduduk sangatlah cocok jika mengambil usaha peternakan ini. Memelihara ternak dapat dijadikan usaha sampingan dan juga bisa dijadikan penghasilan utama. Tergantung kalian jika memiliki waktu yang longgar atau tidak bekerja ditempat lain kamu bisa menjadikan usaha ini usaha utama, tapi jika kamu adalah seorang karyawan atau waktu kamu terpakai untuk usaha/kerja  ditempat lain kamu bisa jadikan ternak ini usaha sampingan saja. 

Meskipun usaha sampingan peternakan juga mampu menghasilkan keuntungan untuk menambahi kebutuhan sehari-hari. Dengan memanfaatkan waktu luang misal sepulang dari kerja kamu bisa sambil memelihara hewan ternak disekitar rumah kalian. 


Menjadi seorang peternak tidak harus memiliki modal yang besar, tergantung ternak apa yang ingin kamu pelihara. Jika kamu hanya memiliki sedikit uang untuk memulai usaha ternak modal 1 juta kamu bisa mencoba dengan beberapa contoh peternakan dibawah ini. 

TERNAK MODAL  1 JUTA

Ternak Jangkrik
Jangkrik bermanfaat untuk pakan burung. Pada saat ini penyuka burung sangat banyak. Kebutuhan akan jangkrik sebagai pakan burung juga meningkat. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut peluang usaha ternak jangkrik masih terbuka lebar untuk ditekuni. Modal untuk memulai usaha ini cukuplah ringan dan juga tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas. Selain itu keuntungan berternak jangkrik adalah tidak adanya bau kotoran layaknya berternak sapi, kambing, bebek, ayam petelur dan masih banyak lagi. 

ternak-modal-1-juta-untuk-pemula


Perkiraan untuk modal usaha ternak jangkrik sekitar Rp 900.000,- dengan rincian sebagai berikut :

Bibit telur jangkrik 1 kg 200.000
Pakan sentrat 350.000
Pakan sayur 50.000
Kotak /kandang 250.000
Etray bekas untuk telur 50.000

Keuntungan ternak jangkrik kurang lebih seperti di bawah ini
8o Kg jangkrik dengan harga /Kg sekitar 35.000 = 2.800.000
Modal Awal 900.000 + 300.000 untuk lain-lain = 1.200.000
2.800.000 - 1.200.000 = 1.600.000

Untuk harga di lain tempat berbeda-beda tergantung persediaan. Disaat suplaiy sedikit harg jangkrik bisa melambung hingga 80.000 perkilo gram. 

Ternak Puyuh
Makanan olahan telur puyuh beraneka macam, antara lain adalah dibuat sunduk telur puyuh, telur puyuh rebus, martabak puyuh mini dan masih banyak lagi. Prospek berternak puyuh masih lumayan menjanjikan hingga saat ini. Para peternak puyuh selain menjual telur puyuh juga menjual burung puyuh yang telah afkir untuk dijadikan makanan panggang puyuh. Jadi selain telur yang dapat keuntungan dengan menjual afkiran puyuh juga dapat keuntungan lagi. 

USAHA JAJANAN ANAK MUDA KEKINIAN


Berternak puyuh bisa dilakukan tidak hanya didesa saja, dikota pun jika anda memiliki ruangan yang tidak terpakai bisa menjalankan usaha ternak burung puyuh ini. Waktu untuk merawat dan memelihara puyuh tidak harus seharian penuh, cukup memberi pakan tiap pagi dan sore saja sudah cukup. Untuk mendapatkan keuntungan lebih selain dijual mentah akan lebih baik jika dijual sudah dalam bentuk olahan yang bisa dititipkan diwarung-warung sekitar kamu. 

Ternak Belut
Satu lagi ide ternak modal 1 juta untuk pemula yaitu berternak belut. Untuk memelihara belut bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika anda belajar kepada orang yang telah sukses membudidayakan belut mungkin anda juga akan bisa berhasil dan sukses pula. Belut masih memiliki pasar yang juga lumayan laku pasaran. Penjual warung tenda biasanya yang banyak menjual olahan belut goreng. 

TERNAK MODAL 1 JUTA UNTUK PEMULA


Untuk ternak belut juga tidak membutuhkan tempat yang sangat luas berbeda dengan berternak ikan seperti nila, gurameh dan lain-lain. Memang diperlukan keahlian khusus untuk dapat membudidayakan belut dikolam belut. Bila kamu masih bingung cara memulainya kamu bisa browsing di internet atau youtube untuk mencari tutorialnya. 


Itulah sahabatku beberapa ide usaha ternak modal 1 juta untuk pemula. Jika anda belum memiliki modal yang besar jalankan bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mencari pengalaman dan wawasan. Jika sudah sedikit berhasil maka kembangkan usaha kamu agar kedepan dapat meraih sukses. 

Belum ada Komentar untuk " TERNAK MODAL 1 JUTA UNTUK PEMULA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel