IDE BISNIS MODAL KECIL DI PEDESAAN

Tinggal di desa mungkin bukan suatu hal yang membanggakan bagi sebagian besar orang, hal ini dikarenakan desa dikenal dengan pertumbuhan ekonomi yang kurang maju dan peluang usaha yang sedikit. Jika anda bisa melihat lebih dalam lagi sebetulnya banyak sekali usaha yang bisa anda ciptakan di desa. Berikut ini beberapa ide yang bisa anda jadikan referensi untuk menciptakan lapangan kerja di desa.

1. Menjual Bibit Tanaman

IDE BISNIS MODAL KECIL DI PEDESAAN

Jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk anda bercocok tanam,Tenang saja karena ada peluang usaha di daerah pedesaan lainnya yang bisa anda jadikan usaha. Anda bisa menjual bibit tanaman apapun untuk para petani. Anda bisa menjual bibit tanaman secara lengkap mulai dari tanaman untuk persawahan misalnya padi dan sayur mayur hingga bibit pohon untuk perkebunan.

2. Ternak ayam petelur


Jika modal anda tidak terlalu besar maka bisa juga untuk beternak ayam petelur tidak perlu langsung ribuan ayam, namun bisa dimulai dengan beberapa puluh ayam terlebih dahulu, perlu diketahui jika kebutuhan telur setiap harinya sangat besar mengingat telur adalah makanan lezat dengan tinggi protein tak heran jika ternak ayam petelur bisa jadi jawaban untuk peluang usaha di daerah pedesaan.

3. Usaha Telur Asin

IDE BISNIS MODAL KECIL DI PEDESAAN

Ragam makanan dengan bahan telur asin kini sedang jadi trend di perkotaan. Anda bisa memasak telur asin ke perkotaan dan mengembangkan usahanya di desa dengan telur bebek berkualitas dan dengan cara pengasinan yang tepat maka dipastikan telur anda akan Laris Manis di kota. Anda juga tetap bisa penuhi kebutuhan telur asin di pedesaan kawasan anda dengan menitipkannya di warung makanan dan toko.

4. Usaha Jamur Tiram

IDE BISNIS MODAL KECIL DI PEDESAAN

Anda mempunyai lahan dibelakang rumah yang tidak terpakai, anda bisa gunakan untuk mengembangkan usaha jamur tiram.Tidak perlu lahan besar karena usaha jamur tiram ini bisa dengan lahan kecil saja. Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar karena anda hanya butuh media tanam yang tepat dan juga bibit jamur.

5. Pengepul Hasil Pertanian
Pertanian adalah usaha terkuat di pedesaan namun banyak petani yang sulit menjual hasil panennya. Anda bisa menjadi pengepul hasil pertanian dari petani. Untuk mendapatkan keuntungan anda bisa menjualnya ke kota besar dengan sistem kerja sama yang potensial.

Demikian beberapa ide bisnis di pedesaan yang bisa anda coba bagi anda yang tinggal didesa, masih banyak lagi sebenarnya ide-ide lainya sehingga anda tidak harus pergi ke kota untuk mencari pekerjaan. Ciptakan lapangan pekerjaan di desa anda selain akan mengurangi angka pengangguran anda juga berjasa memberikan penghasilan untuk menafkahi keluarga orang-orang disekitar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel